Post Details

research
  • 02 Apr 2018

Berbagi Pondok Ramadhan Terakhir

Untuk mempraktikkan makna berbagi pada bulan Ramadan, puluhan siswa SMP Muhammadiyah 2 Malang (M2M) menggelar kegiatan bagi-bagi takjil gratis menjelang berbuka puasa. Ribuan takjil sengaja dibagikan kepada para pengguna jalan tepat di depan lokasi sekolah mereka.

Ketua Panitia pondok ramadhan, ” Bagi-bagi takjil gratis M2M, R.A. Kurniati, S.PdI yang juga pembina keagamaan di sekolah tersebut menyampaikan, pembagian takjil gratis dilakukan dalam rangka mendidik para siswa tentang pentingnya nilai berbagi. Kegiatan bagi takjil tersebut juga menjadi agenda tahunan sebagai bentuk pembelajaran aplikasi nilai-nilai agama pada bulan Ramadan. ” Harapannya melalui kegiatan ini bisa membentuk karakter siswa yang berjiwa sosial dan mau melaksanakan nilai-nilai agama dalam kesehariannya, ” ujarnya.Lebih jauh Drs. H. Mardjono, M.Si menyatakan, nilai-nilai dalam karakter beragama akan lebih mudah tertanam bila dilaksanakan dengan cara praktik langsung. Karena anak didik bisa merasakan dan tidak sekedar sebagai wacana atau hanya mengetahui saja. ujarnya.

Selain itu, pembagian zakat fitrah juga disebar ke sekitar lingkungan sekolah secara merata. Cindy, salah satu siswi kelas 8 mengaku senang terlibat dalam acara tersebut lantaran bisa langsung mempraktikkan nilai-nilai keagamaan yang selama ini diajarkan di sekolahnya, utamanya saat Ramadan. ”Tadi siang kami kumpulkan zakat dan sekarang dibagikan kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat) di sekitar sekolah kami, ” ungkap Cindy.

Semoga di Bulan penuh berkah ini, semua warga sekolah beserta guru dan murid dapat menjadi umat Rasullullah yang lebih baik setiap tahun dan setiap harinya.(*yoo)